Visi :
Menjadi pusat pembelajaran yang unggul dan mencerahkan umat berbasis teknologi informasi di tingkat Nasional pada Tahun 2025.

 

Misi :
-Memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat akademik sebagai pusat unggulan dan mencerahkan.
-Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaran dan pengelolaan perpustakaan pada tingkat Nasional.
-Menyediakan akses informasi yang efisien dan efektif terhadap informasi keilmuan, penelitian, dan kebudayaan dari berbagai lokasi simpan.
-Mengembangkan dan menyebarluaskan sumber informasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, sastra dan seni yang berjiwa Islam.
-Sebagai pendukung kegiatan proses belajar-mengajar yang menunjang dalam pelaksanaan Catur Dharma UMJ yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan dan Pengajaran,Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat.
Tujuan :
-Menyiapkan perpustakaan yang unggul dalam transformasi sosial yang Islami, sehingga  menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing dan memadukan pengetahuan dan nilai-nilai islam.
penyediaan perangkat dengan kapabilitas dan kapasitas yang memadai untuk mengakses informasi intelektual, ilmiah, dan kebudayaan baik yang tersedia di lingkungan PTM maupun yang berada di luar PTM.
-Terwujudnya tempat menghimpun pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh  masyarakat akademik .
-Membantu membentuk civitas akademika dan  masyarakat belajar sepanjang hayat yang memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, keahlian,  dan profesionalisme.