Skip to content
UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jakarta / Email : Perpustakaan@umj.ac.id

Layanan Sirkulasi

Perpustakaan UMJ menyediakan buku teks yang dapat dimanfaatkan di luar area perpustakaan. Pemustaka (red: pengguna perpustakaan) dapat meminjam buku di layanan sirkulasi dengan syarat telah terdaftar sebagai anggota. Jumlah buku yang dapat dipinjam disesuaikan dengan jenis keanggotaan dengan lama peminjaman 14 hari. Koleksi layanan referensi terdiri dari berbagai macam kelompok klasifikasi.

Prosedur peminjaman buku :

  1. Peminjam datang langsung ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  2. Mengisi Absensi berkunjung
  3. Cari buku yang ingin dibaca /dipinjam secara langsung atau cari nomor panggil (call number) buku yang ingin dibaca melalui komputer katalog. Untuk pencarian dengan menggunakan komputer, pencarian dapat dilakukan berdasarkan judul, pengarang dan subjek.
  4. Peminjam menyerahkan buku yang akan dipinjam kepada petugas bagian loket peminjaman dan pengembalian buku bersamaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa.
  5. Petugas mencatat transaksi peminjaman berupa Nomor Induk Buku, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian, nama anggota peminjam.
  6. Petugas menyerahkan buku yang akan dipinjam kepada peminjam.
  7. Proses transaksi peminjaman buku selesai

Prosedur pengembalian buku :

  1. Peminjam menyerahkan buku yang akan dikembalikan kepada petugas dibagian sirkulasi.
  2. Petugas mengecek data transaksi peminjaman, tanggal pengembalian buku, apabila masa peminjaman telah melewati batas peminjaman, maka akan dikenakan denda keterlambatan peminjaman.
  3. Bila peminjam akan memperpanjang peminjaman kembali, maka petugas akan mencatat ke prosedur peminjaman buku.
  4. Proses transaksi pengembalian buku selesai.