Skip to content
UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jakarta / Email : Perpustakaan@umj.ac.id

Layanan Cek Plagiasi


Prosedur cek similarity karya ilmiah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (layanan cek plagiasi) adalah sebagai berikut :

1.Karya ilmiah mahasiswa merupakan skripsi, tesis atau disertasi yang telah mendapat persetujuan pembimbing untuk kemudian dicek tingkat kemiripannya (similarity level) melalui aplikasi TURNITIN oleh UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

2. Naskah di tulis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar serta sesuai kaidah PUEBI.

3.Karya ilmiah yang dicek melalui aplikasi TURNITIN berbentuk soft file Microsoft Word Document (.docx) dan telah mendapat persetujuan pembimbing.

4.Naskah yang diserahkan merupakan isi dari karya ilmiah yang ditulis mulai dari bab 1 hingga bab akhir.

5.Berdasarkan hasil pengecekan, apabila karya ilmiah mahasiswa tingkat similarity ≤ 30%, maka mahasiswa dapat memperoleh surat keterangan bebas plagiarism dari Perpustakaan Fakultas terkait.

6.Karya ilmiah mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan nomor diatas, harus diperbaiki oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan bimbingan dari dosen pembimbing.

7.Surat Keterangan bebas plagiarism diajukan kepada Ketua Program Studi sebagai syarat mengikuti ujian.

8. Permohonan cek plagiasi bisa mengirimkan file melalui email turnitin.perpustakaan@umj.ac.id. Konfirmasi melalui Whatsapp Perpustakaan Pusat UMJ +62 813 8460 9245